Tips Membangun Backlink Berkualitas

Jika Anda bukan Ahli SEO dan tidak ingin menggunakan jasa SEO dari Pakar SEO, dan ingin sukses membangun backlink, Anda memerlukan konten berkualitas yang akan menjamin website bisnis Anda tampil di halaman 1 mesin pencari.

Membangun backlink adalah tentang bagaimana cara memempatkan konten Anda dan membuat lebih banyak orang terhubung ke website bisnis Anda. Atau dengan kata lain, satu pos dapat digunakan untuk mendapatkan banyak tautan berkualitas ke situs bisnis Anda.

External Link berkualitas tinggi memiliki keunggulan dibandingkan tautan tradisional: relevansi dan kepercayaan. Inilah bedanya:

Katakanlah Anda memiliki situs catering Jakarta dan Anda mendapatkan Inbound Link dari sebuah direktori artikel. Google tidak akan melihat tautan situs web itu relevan dengan topik dari situs Anda.

Tapi, jika akuisisi tautan itu berasal dari situs yang terkait dengan catering Jakarta, seperti resep masakan, perkawinan, atau forum diskusi yang membahas topik sekitar makanan, Anda tidak hanya akan meningkatkan rangking Anda, namun situs Anda akan relevan dan berharga bagi mereka yang berkunjung ke website bisnis Anda. Dan itu akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak perolehan tautan dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Lalu bagaimana Anda bisa menemukan situs tempat Anda bisa membangun backlink dan memulai proses mendapatkan tautan yang relevan? Salah satu alat yang berguna adalah Similar Site Search.

Ketik url situs Anda (saya menggunakan catering Jakarta Barat dalam contoh ini) dan tekan tombol "cari".

Hasilnya adalah daftar situs yang mencakup topik yang terkait dengan saya. Ini hanya langkah pertama, karena saya masih perlu membangun hubungan dengan situs tersebut untuk menautkan konten website bisnis yang saya optimasi.

Setelah Anda memilih beberapa situs, Anda perlu meneliti lebih lanjut untuk mengetahui mana yang paling banyak akan membantu upaya pembuatan tautan untuk situs bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tolok ukur utama yang perlu Anda perhatikan:

Domain Authority: penting untuk mengetahui Domain Authority situs yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan tautan. Alat yang bagus untuk ini adalah Moz Bar, yang menunjukkan Domain Authority dan Page Authority dari setiap domain atau Keyword dalam hasil pencarian.

Relevansi Domain : seperti yang saya katakan di atas, mendapatkan tautan dari domain yang relevan adalah bagian penting dari Link Building terukur. Relevansi domain juga merupakan faktor peringkat Google dan sangat penting jika Anda ingin melepaskan diri dari dampak Google Penguin di peringkat mesin telusur.

Jika Anda ingin membangun External Link Anda, Anda harus menggabungkan relevansi domain dengan Anchor Text yang tepat.

Trust Flow: ini adalah tolok ukur dari Majestic, yang memberikan nilai kualitas lebih baik. Trust Flow dirancang khusus untuk menentukan kualitas tautan yang mengarah ke situs. Ini berkisar antara 0 sampai 100. Semakin tinggi jumlahnya, semakin baik. Dalam contoh ini, Bing memiliki Trust Flow 86, yang sangat bagus.

Jika sebagian besar backlink Anda berasal dari situs dengan Trust Flow tinggi, peringkat SEO Anda akan meningkat, Anda akan memiliki Page Rank tinggi, dan akuisisi tautan akan menjadi lebih mudah.

Gunakan Majestic untuk menganalisis tautan yang saat ini mengarah ke situs Anda. Masukkan domain root ke dalam kotak dan klik ikon pencarian.

Gulir ke bawah dan lihat backlink. Selain url dan Trust Flow, Majestic juga menunjukkan Citation Flow, yang akan saya bahas sebentar lagi.

Untuk domain yang kami analisis (dpawoncatering.com), situs pengarah pertama adalah dpawoncatering.blogspot.com. Trust Flownya adalah 31 dan arus kutipannya adalah 28.

Citation Flow: tolok ukur dari Majestic ini dirancang untuk memprediksi seberapa besar pengaruh tautan terhadap situs.

Kelemahan dari penggunaan Citation Flow sebagai tolok ukur Anda adalah tidak mengukur kualitas Inbound Link, namun jumlahnya. Semakin banyak Inbound Link yang dimiliki sebuah situs, semakin baik Citation Flow mereka mengalir. Tapi ini tidak berarti Page Rank tinggi. Dengan sendirinya, Citation Flow tidak terlalu berguna, karena kualitas lebih penting daripada kuantitas dengan Link Building.

Namun, bila Anda menggunakan Citation Flow dengan Trust Flow, akan membantu Anda mengidentifikasi situs yang dipercaya dan berpengaruh.

Situs target dengan Trust Flow tinggi kemudian fokus pada perolehan link pada kelompok tersebut yang juga memiliki pengaruh atau rujukan yang dirasakan.

Pada contoh di atas, Dpawon Catering adalah situs bisnis catering yang membantu menyediakan layanan catering untuk Anda. Karena Dpawon Catering berkaitan dengan masakan dan pernikahan, ini pasti terkait dengan konten dan target pemirsa.

Keyword bermerek dan Anchor Text: Anchor Text juga penting saat menilai kualitas suatu situs. Contohnya 700+ situs terhubung ke Dpawon Catering melalui Anchor Text bermerek (Dpawon Catering).

Saat Anda membangun External Link, Anda harus menggunakan nama bisnis Anda dengan variasi Keyword lainnya. Anda bisa menggunakan anchor hibrida bermerek ini.

Misalnya, jika situs Anda adalah dpawoncatering.com, situs penyedia catering Jakarta, Anda dapat menggunakan variasi Anchor Text ini untuk membuat backlink:

Anda juga bisa memvariasikan Anchor Text dengan menggunakan url dengan Keyword target Anda:

Dengan pendekatan yang tepat terhadap konten berkualitas, relevansi domain, Trust Flow dan Anchor Text, Anda akan menikmati manfaat traffic yang nyata dari External Link ke situs Anda. Tapi, membangun link juga tentang meningkatkan kekuatan, Link Juice, dan potensi Inbound Link Anda. Itulah mengapa penting untuk melakukannya

Tapi, membangun link juga tentang meningkatkan kekuatan, Link Juice, dan potensi Inbound Link Anda. Itulah mengapa penting untuk membuat struktur penautan 2 Tier untuk situs Anda.

Tier 1 backlink adalah link yang langsung menuju ke situs Anda.

Tier 2 backlink adalah link yang langsung menuju ke Tier 1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pakar SEO Terbaik Indonesia

Master SEO, Pakar SEO dan Ahli SEO Terbaik Indonesia